PDO+MySQL (02): Membuat Database dan Konsep Relasi

Assalaamu’alaikum wrwb…

Langsung saja kita mulai ya, setelah persiapan software dan skenario untuk proyek PDO+MySQL ini, kita buat database dan bahas tentang konsep relasi antara tabel yang 1 dengan yang lainnya.

Saya tidak akan bahas semua caranya. Silakan baca artikel terkait yang akan saya berikan.

Membuat databaseDatabase, Tabel dan Field

Buat database dengan nama inventaris. Ingat cara penulisannya wajib mengikuti skenario dan aturan yang sudah disepakati sebelumnya. Demikian juga untuk tabel-tabel dan nama field yang akan digunakan wajib patuh pada aturan. Oke, lanjut. Silakan baca, pelajari dan buat database, tabel dan field-field mengikuti tulisan saya berikut ini secara berurutan:

  1. Membuat Database dan Tabel
  2. Pengolahan Data dalam Tabel
  3. Optimasi Database dan Tabel Menggunakan Indexing
  4. Menyusun Tabel dengan Relasi Lojik

Sangat penting untuk benar-benar serius mempraktekkan tulisan di atas karena itu yang akan kita gunakan dalam proyek ini.

Konsep Relasi Antartabel

Di sini saya pertegas Anda untuk membaca bagaimana penjelasan tentang menyusun tabel dengan relasi lojik. Karena di dalamnya ada petunjuk pembuatan tabel-tabel lainnya.

Gambar ini menunjukkan seperti apa hubungan atau relasi antara 1 tabel dengan tabel lain dalam database kita.

Konsep relasi antar tabel

Selanjutnya menggabung tabel.

Membuat View

Ada 2 buah view yang diperlukan dalam proyek ini. Silakan ikuti dan langsung gabung beberapa tabel menjadi view. Lihat caranya di sini.

Oke, sampai sini sebenarnya sudah selesai kita bahas tentang bagaimana membuat database dan konsep relasi. Jika Anda malas melakukan langkah-langkah di atas, ada cara praktis 😎 . Mau tahu caranya? πŸ˜† πŸ˜† Terus ngapain susah payah, panjang-lebar πŸ™ . Ya itu sebenarnya untuk latihan saja supaya lebih mahir membuat dan mengolah data 😎 πŸ˜† πŸ˜‰

Mau cara cepat kan? Silakan lakukan import data.

Cukup ya, kita sambung nanti dengan Konsep dan Alur Kerja Aplikasi Inventaris. Sampai jumpa di Seri Belajar PDO+MySQL selanjutnya.

Salaam…

Share

Muhammad Erfan

aslinya karyawan, suka belajar pemrograman, senang berbagi ilmu melalui tulisan, lagi usaha menghasilkan uang online :cool:

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *