Adminer (03): Optimasi Database dan Tabel Menggunakan Indexing

| banghaji | 1 komentar | Tags: , , , , | Categories: Database, Tutorial, Web

Lanjut untuk bahasan tentang Adminer. Setelah kita membuat database dan tabel, disambung dengan cara mengolah data, saatnya kita membahas tentang cara mengoptimasi database dan tabel menggunakan indexing.

Tabel yang sudah dibuat sebelumnya adalah tabel ruangan dengan 3 buah filed atau kolom, yaitu ruangan_id, ruangan_nama dan ruangan_status. Jika diperhatikan pada bagian struktur tabel, terlhat ada sebuah index, yaitu PRIMARY, pada field ruangan_id. Hal ini wajar, karena saat membuat tabel tersebut kita telah menentukan bahwa filed ruangan_id bertipe integer dengan pengaturan Autoincrement, di mana ruangan_id akan berisi angka otomatis yang dibuat secara berurutan berdasarkan data terakhir yang pernah dibuat, sehingga tidak akan pernah sama. Karena tidak mungkin sama, maka field tersebut menjadi PRIMARY KEY bagi tabel ruangan.

Primary Key (PK)

Pertanyaannya adalah apa itu Primary Key (PK)? Secara umum, berdasarkan konsep database, PK atau kunci utama adalah sebuah kunci yang bersifat tunggal dan tidak boleh sama antara satu record dengan record lainnya dalam sebuah field. Sekali lagi, pada sebuah field ya 😀 . PK ini biasanya akan digunakan untuk rujukan saat pengolahan data karena memiliki isi yang spesifik bagi tiap-tiap baris record.

Lalu apakah ada kunci-kunci lain dalam database? Tentu saja ada, salah satunya adalah yang disebut dengan kunci tamu atau istilah kerennya adalah Foreign Key (FK). FK biasanya digunakan pada tabel yang berupa detail atau ‘anak’ dari tabel master. Hubungan antara PK dan FK akan kita bahas pada tulisan lain saja ya. Ada banyak lagi kunci-kunci lain, tetapi yang umum dipakai adalah PK dan FK.

Indexing pada Adminer

Untuk mengoptimasi tabel melalui Adminer, dapat diklik pada link Alter Indexes yang ada pada tampilan struktur tabel. Seperti terlihat pada gambar.

Klik Alter Indexes

Daftar index yang sudah ada akan ditampilkan seperti gambar ini.

Daftar Index yang sudah ada

Membuat Index

Sebelum membuat index, mungkin Anda bertanya apa gunanya indexing pada sebuah tabel? Seperti yang telah saya tuliskan di atas, bahwa salah satu dari index yang sudah ada adalah PK dan jelas fungsinya untuk rujukan dalam mengolah data. Pada Adminer, disediakan indexing lain yang bisa digunakan seperti Unique, Index dan Fulltext. Kita akan bahas tentang Index.

Index akan digunakan untuk mengoptimalisasi tabel, gunanya yang paling penting adalah membantu database dan tabel agar lebih mudah dalam pencarian data. Ketika suatu tabel (dalam hal ini adalah field-field tertentu di dalamnya) di-index, maka proses pencarian terhadap data-data yang berada dalam field dari tabel tersebut akan menjadi lebih cepat. Kecepatan dalam pencarian ini bahkan bisa mencapat 10 kali lipat bahkan bisa juga lebih.

Baiklah, untuk membuat index, silahkan pilih INDEX pada bagian Index Type [1] (di bawah dari PRIMARY). Kemudian tentukan field-field mana saja yang akan di-index. Filed yang dipilih bisa lebih dari satu tetapi saya sarankan untuk index ini hanya field yang sering digunakan dalam pencarian atau kueri data. Anda disarankan untuk membuat beberapa index pada sebuah tabel jika terdiri dari banyak field, disarankan pula jangan membuat index yang terdiri dari lebih dari 3 field.

Selanjutnya, jika telah selesai memilih field-field yang akan di-index [2], klik Save [3]. Jika ingin mengubah atau bahkan menghapus index, atau mengganti field untuk Primary Key, Anda bisa klik kembali Alter Indexes dan lakukan perubahan seperlunya. Setelah itu, jangan lupa klik Save.

Membuat Index

Jika telah selesai maka akan ditampilkan apa saja index yang sudah dibuat, terlihat seperti pada gambar sudah ada 2, yaitu Primary dan Index.

Index telah dibuat

Oke… demikian cara mengoptimalisasi database dan tabel menggunakan Indexing pada Adminer, kita akan lanjutkan pada tulisan tutorial berikutnya tentang bagaimana menyusun relasi antara tabel satu dengan yang lain secara lojik.

--[ share this post ]--

One thought on “Adminer (03): Optimasi Database dan Tabel Menggunakan Indexing

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *