Adminer (02): Pengolahan Data dalam Tabel

Jumpa lagi dengan saya, masih membahas tentang database menggunakan Adminer. Jika Anda baru saja terdampar di tulisan ini, maka sebaiknya Anda membaca dulu tentang pengganti PHPMyAdmin, Server2Go Protabel dan juga cara membuat database dan tabel menggunakan adminer.

Baiklah, kita lanjutkan tutorial ini, simak dan ikuti. 😀

Menambah Data

Untuk menambah data pada tabel, klik nama tabel, kemudian klik New item. Selanjutnya silahkan isi datanya, khusus untuk ruangan_id tidak perlu diisi [1] karena sudah diatur menjadi Auto Increament, akan terisi angka otomatis secara berurutan. Sebagai contoh silahkan isikan data seperti di bawah ini.

ruangan_id ruangan_nama ruangan_status
1 Lab Dasar Komputer 1
2 Lab Digital 0
3 Lab Dasar Pemrograman 1
4 Lab Robotika 1
5 Lab Database 1
6 Lab Bahasa 0

Menambah Data Baru di Adminer

Menampilkan Data

Untuk menampilkan data yang sudah ada, silahkan klik pada nama tabel di panel kiri, kemudian klik Select data di panel kanan atas. Atau bisa juga langsung klik select di samping kiri nama tabel panel kiri. Hasilnya sama.

Menampilkan Data di Adminer

Mengubah Data

Mengubah atau mengedit data di Adminer bisa dilakukan dengan 2 cara, satu per satu atau sekaligus dalam jumlah banyak.

Cara Pertama, satu per satu

Dari tampilan di atas, silahkan klik edit pada data yang akan diubah atau diperbaiki, kemudian lakukan perubahan data, setelah itu klik tombol Save.

Cara Kedua, sekaligus

Dari tampilan di atas, silahkan klik Modify yang akan mengaktifkan modifikasi data secara inline, lalu ubah data mana saja yang akan diperbaiki atau diganti, selanjutnya jika sudah selesai klik tombol Save yang ada di bawah. Kemudian klik lagi Modify untuk menonaktifkan modifikasi inline.

Menghapus Data

Menghapus data bisa dengan 2 cara pula, pertama, melalui tampilan edit satu per satu, klik tombol Delete, konfirmasi OK maka data akan terhapus. Kedua, memilih data mana yang akan dihapus dengan memberikan centang di depan data tersebut (ini bisa untuk menghapus data lebih dari satu) kemudian klik tombol Delete di bagian bawah, selanjutnya konfirmasi OK dan data akan dihapus.

Demikian dara pengolahan data di Adminer, bahasan berikutnya adalah tentang indexing untuk mengoptimalkan kinerja database dan tabel, sampai jumpa 😀

Share

banghaji

aslinya karyawan, suka belajar pemrograman, senang berbagi ilmu melalui tulisan, lagi usaha menghasilkan uang online :cool:

You may also like...

5 Responses

  1. 22 Desember 2016

    […] untuk bahasan tentang Adminer. Setelah kita membuat database dan tabel, disambung dengan cara mengolah data, saatnya kita membahas tentang cara mengoptimasi database dan tabel menggunakan […]

  2. 13 Januari 2017

    […] Agar lebih mudah memahami, silahkan isi tabel-tabel tersebut dengan data-data sebagai berikut, baca cara mengolah data, perhatikan bagaimana isinya, sambil memahami konsep relasi lojiknya. […]

  3. 19 Agustus 2017

    […] Adminer (02): Pengolahan Data dalam Tabel […]

  4. 20 Oktober 2017

    […] Halo… Kita lanjutkan lagi ya tutorial tentang aplikasi Adminer untuk pengolahan database. Bahasan pada video ini dibuat sesuai tulisan saya sebelumnya yaitu tentang Pengolahan Data dalam Tabel. […]

  5. 7 Februari 2019

    […] Mengolah data […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *