Adminer / Database / Tutorial / Web · 11 Februari 2017 6

Adminer (05): Menggabung Beberapa Tabel dalam Sebuah View

Anda sudah baca tulisan tentang tabel dengan relasi lojik? Kalau belum, sebaiknya baca dulu dan praktekkan. Karena tulisan ini memerlukan sedikit pemahaman tentang relasi lojik termasuk tabel dan isian datanya.

Menggabung Tabel

Apa maksud menggabung tabel? Apa pula maksudnya view?

Jadi begini…

Menggabung tabel bukan dalam arti sebenarnya, sehingga beberapa tabel manjadi satu, tetapi bagian-bagian tertentu dari masing-masing tabel diambil (secara lojik) dan disatukan ke dalam sebuah “tabel bayangan” yang disebut dengan view. Wujud dari view sama dengan tabel, tetapi berbeda fungsi dan cara pengolahan datanya.

Pada tabel, bisa berlaku semua hal dalam pengolahan data, seperti filter data, menambah, mengedit, menghapus data. Sedangkan pada view, tidak bisa dilakukan penambahan data, mengedit dan menghapus data, hanya bisa melakukan filter data saja.

Konsep view

Silahkan perhatikan kembali gambar berikut ini.

Konsep Relasi Lojik

Dari gambar di atas, setidaknya akan bisa dibuat 2 buah view untuk penggabungan beberapa tabel. View pertama adalah untuk view barang yang merupakan gabungan tabel barang dan jenis. Sedangkan view kedua adalah view inventaris yang adalah gabungan semua tabel.

Membuat View

Untuk membuat view silahkan ikuti tutorial yang akan dijelaskan selanjutnya. Silahkan jalankan atau buka Adminer, kemudian pilih nama database inventaris. Pada bagian bawah, silahkan klik link Create view.

Create View Adminer

Ada 2 bagian kolom yang perlu diisi untuk membuat view, yaitu kolom Name dan kolom SQL Command yang berada di bawah kolom Name. Cara penulisan nama view sama dengan aturan pembuatan nama tabel, perhatikan lagi tulisan tentang cara membuat database dan tabel.

View Name dan SQL Command

Next →

Page : 1 2 3

*** DISCLAIMER ***

Seluruh data dan informasi di situs ini adalah milik dan diolah sedemikian rupa oleh BangHaji DotCom (Muhammad Erfan), kecuali dinyatakan lain dengan penyebutan sumbernya dan/atau penulisnya. Siapapun diizinkan mengutip isi situs ini dengan KEWAJIBAN menyertakan sumbernya berupa link url dari artikel di situs ini untuk menjaga adab, tradisi dan tanggungjawab keilmuan.