PDO+MySQL (05): Menampilkan Semua Data

Assalaamu’alaikum Wrwb.. Langsung saja ya, bahasan kita kali ini cukup panjang. Sebelumnya kita sudah bahas tentang koneksi database dengan konsep PDO dan MySQL. Selanjutnya kita akan menampilkan data dari database ke dalam halaman web.  Tapi sebelum itu…

Konsep mutilasi dan pemanggilan file

Jangan tegang dulu ya membaca kata mutilasi 😉 Karena kita sedang belajar tentang PHP, kita gunakan konsep dinamisnya. Maksudnya, ada beberapa bagian dari halaman web nanti yang bentuknya sama dan tidak seharusnya dibuat berulang-ulang. Konsepnya cukup dibuat 1 saja, nanti akan digunakan secara bersama-sama oleh beberapa halaman lain. Sampai sini apakah sudah mulai nyambung? 😎

Supaya lebih jelas kita buat dulu halaman utama, berisi judul aplikasi dan beberapa link menu yang akan digunakan untuk mengakses data-data dari database termasuk pengolahan datanya. Oke, silakan ketik dulu kode-kode berikut, simpan dengan nama file index.php. Seperti ini kodenya:

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
  <title>Aplikasi Inventaris</title>
</head>
<body>
  <h1><a href="index.php">Aplikasi Inventaris</a></h1>
  <p>
    Pengolahan data: 
    [<a href="jenis.php">Jenis</a>]
    [<a href="ruangan.php">Ruangan</a>]
    [<a href="barang.php">Barang</a>]
    [<a href="inventaris.php">Inventaris</a>]
  </p>
  <hr>
  <p>Hai, selamat datang... Anda bisa mengolah data inventaris melalui menu di atas.</p>
  <hr> 
  <p>&copy; 2020 BangHaji DotCom</p>
</body>
</html>

Perlu diketahui ya, file ini diberi nama index.php karena merupakan halaman utama project aplikasi kita. Kenapa namanya index.php? Karena sudah menjadi aturan baku (meskipun masih bisa diatur sendiri dengan nama yang berbeda) bahwa file yang akan diakses secara langsung saat alamat aplikasi web diakses adalah index, baik itu index.php, index.html, index.htm, dan lain-lain.

Silakan diakses alamatnya tanpa menyebutkan nama file, cukup sampai foldernya saja: http://127.0.0.1:4001/app-inventaris, file yang akan diakses secara otomatis adalah index.php.

Halaman index Aplikasi Inventaris

Nah sekarang kita bahas mutilasi filenya. Perhatikan dulu layout gambar di atas. Kita akan bagi menjadi 3 buah fileya. saya sebutkan saja begini ya, ada bagian atas, bagian isi dan bagian bawah. Bagian atas berisi judul aplikasi dan menu (link) termasuk garis mendatarnya. Kemudian bagian isi, adalah baris kalimat “Hai…..” Selanjutnya yang terakhir bagian bawah adalah garis mendatar sampai yang paling bawah.

Mulai jelas? 😎 Atau masih belum paham? 🙂 Kita lanjut saja dulu…

Mulai mutilasi

Kita mulai dari bagian bawah dulu. Silakan blok kode di atas tadi dari baris 17 sampai 20 kemudian di-cut (pakai kombinasi tombol Control+X). Kemudian buat file baru, dan lakukan paste (kombinasi tombol Control+V) di file baru. Kemudian simpan dengan nama file bawah.php. Kodenya jadi begini untuk file tersebut:

  <hr>
  <p>&copy; 2020 BangHaji DotCom</p>
</body>
</html>

Lanjut lagi untuk bagian atas. Silakan di-cut baris 1 sampai dengan 15. kemudian buat file baru dan lakukan paste di file tersebut. Simpan dengan nama atas.php. Kodenya jadi begini untuk file atas.php:

<!DOCTYPE html>
<html>
<head>
  <title>Aplikasi Inventaris</title>
</head>
<body>
  <h1><a href="index.php">Aplikasi Inventaris</a></h1>
  <p>
    Pengolahan data: 
    [<a href="jenis.php">Jenis</a>]
    [<a href="ruangan.php">Ruangan</a>]
    [<a href="barang.php">Barang</a>]
    [<a href="inventaris.php">Inventaris</a>]
  </p>
  <hr>

Sudah ya. Kita lanjutkan di halaman sebelah oke.

jika tulisan ini bermanfaat, mari sebar dan bagikan

Selanjutnya →

Halaman : 1 2 3 4 5

Muhammad Erfan

aslinya karyawan, suka belajar pemrograman, senang berbagi ilmu melalui tulisan, lagi usaha menghasilkan uang online :cool:

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *