Senin, Desember 17, 2018

Cara Mendaftar Hosting Menggunakan Kupon atau Voucher

Domain & Hosting Tutorial Web

Bagaimana sih caranya mendaftar di hosting berbayar menggunakan kupon atau voucher? Inilah yang akan kita bahas dalam tutorial kali ini. Tulisan ini sendiri bisa juga berlaku (bahkan sebetulnya sama saja) dengan hosting berbayar. Perbedaannya terletak pada pembayarannya saja, yang akan dicontohkan nanti adalah full-free alias gratis selama setahun.

Tulisan ini sendiri diinspirasi dari hadiah spesial dari seorang rekan yang pada beberapa waktu lalu didaulat sebagai pemateri atau nara sumber pada kegiatan seminar dan workshop interaktif tentang Internet Marketing sebagai bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka Dies Natalis ke-10 kampus kami tercinta. Beliau adalah mas Danar Dono asal Semarang, owner dari web JawaHost yang telah memberikan 50 paket hadiah (berupa kupon atau voucher) bagi peserta workshop berupa hosting gratis selama setahun dengan kapasitas 500MB di JawaHost.

Jika Anda yang membaca tulisan ini adalah peserta yang terpilih mendapatkan hadiah ini, pastikan Anda memiliki kode kuponnya, jika tidak berarti Anda harus bayar 😀

Apa yang harus dilakukan

Sebelumnya, tutorial ini bisa juga diterapkan untuk hosting berbayar.

Awal, siapkan kode kupon. Jika tidak ada, Anda harus bayar.

Lanjut, silahkan akses JawaHost. Kemudian pilih menu HOSTING.

JawaHost Hosting

Cari Paket Basic, khususnya Basic III kemudian klik tombol PESAN.

Pilih Paket JawaHost Hosting

Geser silder ke poin Basic III, Anda akan melihat harga yang harus dibayar untuk paket tersebut. Abaikan saja jika Anda menggunakan kupon. Klik tombol Order Now.

Order Paket Hosting

Selanjutnya pilih domain yang akan dikaitkan dengan hosting tersebut. Jika belum punya domain maka pilih yang pertama. Atau Anda sudah punya domain dari tempat lain dan sudah diaktifkan, bisa juga ditransfer ke JawaHost. Pada contoh ini saya menggunakan domain yang sudah saya buat di Freenom. Belum punya nama domain? Silahkan baca bagaimana cara mendapatkan nama domain gratis di Freenom. Setelah punya nama domain, pilih yang terakhir, masukkan nama domain Anda (lihat gambar, jangan sampai salah ya 😀 )

Input Nama Domain

Nah, ini bagian pentingnya, muncul tagihan pembayaran 😀 Silahkan ketik kode kupon atau voucher Anda kemudian klik tombol Validate Code. Jika berhasil divalidasi oleh sistem maka tagihan akan berubah menjadi nol rupiah 😎 Selanjutnya klik tombol Checkout.

Input Kode Voucher

Validasi Berhasil, Checkout

Selanjutnya Anda diminta memasukkan data diri secara lengkap, isi semua kolom dengan data yang benar, setelah itu pada bagian bawah beri tanda centang dan klik tombol Complete Order.

Complete Order

Pendaftaran selesai, sekarang sudah bisa login ke akun Anda di JawaHost.

Lanjut ke Akun Hosting

Perhatikan pada bagian produk atau layanan yang Anda punya, klik link View All.

View All Active Products/Services

Produk yang Anda pesan akan diteruskan kepada pihak JawaHost untuk diaktifkan, status awalnya adalah Pending, perlu waktu sampai 24 jam untuk proses aktivasi hosting Anda.

Status Aktivasi Hosting Pending

Setelah menunggu aktivasi beberapa waktu, maka hosting sudah bisa digunakan.

Status Aktivasi Hosting Active

Selamat… Hosting Anda sudah aktif.

Demikianlah cara mendaftar hosting menggunakan kupon atau voucher. Silahkan pelajari bagian dalam dari Akun Anda tersebut, coba juga login ke akun cPanel untuk melihat apa saja bisa Anda kelola di sana. Jangan lupa, baca email konfirmasi yang berisi alamat IP dan Name Server yang dikirimkan oleh JawaHost atau Pustaka Komputer. Cari dan catat nameservernya agar nanti bisa disambungkan atau dikaitkan dengan nama domain gratis di Freenom yang telah Anda buat.

Baiklah, cukup untuk tutorial ini, meskipun judulnya untuk hosting menggunakan kupon atau voucher, tetapi cara ini tetap berlaku sama, bedanya adalah jika Anda tidak punya kupon maka saat terakhir proses akan ada tagihan yang harus dibayarkan melalui bank dengan cara transfer ke rekening pemilik hosting.

Adapun cara untuk mengaitkan antara nama domain dan hosting Anda, akan saya bahas pada tulisan berikutnya. Karena jika tidak dikaitkan maka domain atau web Anda tidak akan bisa diakses.

Sampai jumpa.

Mari sebarkan manfaat kepada orang lain...

4 thoughts on “Cara Mendaftar Hosting Menggunakan Kupon atau Voucher

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *