Press "Enter" to skip to content

Cara Mendapatkan Nama Domain Gratis di Freenom

Apa kabar Anda semuanya? Semoga baik ya, seharusnya Anda yang bertanya apa kabar saya 😀 karena sekian bulan saya menghilang entah kemana 😉 Oke, kabar saya baik-baik saja dan posting kali ini sedikit berbeda dengan yang sebelum-sebelumnya. Saya akan sampaikan bagaimana cara mendapatkan nama domain gratis di Freenom.

Pada tutorial sebelumnya kita sudah ada membahas tentang Seri Belajar HTML dan sebagainya. Posting ini berkaitan dengan hal-hal tersebut karena ketika kita membuat sebuah halaman web, tentunya kita ingin agar halaman-halaman itu bisa diakses oleh orang lain secara online.

Apa itu Domain

Domain bisa kita artikan sebagai nama dari sebuah kontak (jika dianalogikan phonebook). Unuk mengaksesnya kita tidak perlu mengetik alamat IP tetapi cukup dengan namanya saja, ringkasnya adalah demikan.

Mendapatkan Nama Domain Gratis

Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mendapatkan nama domain gratis.

Pertama silahkan akses alamat ini. Kemudian ketik nama domain yang Anda inginkan.

Freenom Homepage

Selanjutnya, jika nama domain itu tersedia, silahkan klik tombol Get It Now!

Freenom Get It Now

Hasilnya akan terpilih, untuk mengambil nama domain tersebut, klik tombol Checkout.

Freenom Checkout

Atur Periodenya. Freenom memberikan layanan nama domain gratis selama maksimal 1 tahun. Jika sudah dipilih, klik tombol Continue.

Freenom Period

Langkah berikutnya adalah verifikasi alamat email. Masukkan alamat email Anda kemudian klik Verify My Email Address.

Pastikan Anda memasukkan alamat email yang valid dan masih aktif.

Freenom Email Verification

Silahkan buka email Anda dan klik link verifikasinya kemudian lanjutkan isi formulir pendaftaran, silahkan diisi semuanya. Jangan lupa beri centang dan klik tombol Complete Order.

Freenom Complete Order

Setelah selesai pendaftaran, Anda bisa langsung login, gunakan email dan sandi seperti yang telah didaftarkan sebelumnya. Anda bisa juga login menggunakan akun Facebook, Live atau Google+.

Freenom Login Member

Selamat Anda sudah berada di dasbor akun. Silahkan dilihat-lihat apa saja fasilitas yang disediakan oleh Freenom. Untuk tulisan bagaimana cara mendapatkan nama domain gratis di Freenom saya cukupkan dulu, Anda boleh mendaftarkan lagi nama-nama domain lainnya. Adapun bagaimana cara menghubungkan nama domain dan hosting akan saya tulisan yang lain.

3 Comments

  1. […] domain yang sudah saya buat di Freenom. Belum punya nama domain? Silahkan baca bagaimana cara mendapatkan nama domain gratis di Freenom. Setelah punya nama domain, pilih yang terakhir, masukkan nama domain Anda (lihat gambar, jangan […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *