Cara Menambahkan Beberapa Domain Baru ke Dalam Sebuah Hosting

Umumnya sebuah layanan hosting digunakan hanya untuk satu nama domain. Ketika kita memesan atau menyewa layanan hosting tentu akan diminta menyambungkannya dengan sebuah nama domain. Contohnya sudah saya sampaikan pada tulisan-tulisan berikut ini:

Tutorial ini masih akan melanjutkan tulisan-tulisan di atas (menggunakan hosting yang sama).

Tambah Domain Baru

Untuk menambahkan domain baru, Anda perlu membuat atau mendaftarkan dulu nama domainnya. Misal yang paling mudah saja, silahkan buat domain gratis di Freenom, ikuti petunjuknya seperti link di atas. Jika sudah dibuat maka saatnya untuk menyambungkan antara domain baru tadi ke hosting yang sudah ada. Perlu diingat bahwa hostingnya harus sudah disambungkan dengan nama domain yang pertama saat mendaftar hosting. Pada contoh ini saya menggunakan domain bolehtanya.ga dari Freenom dan hosting dari JawaHost yang sudah terdaftar.

Cara menambahkan domain ini mirip dengan cara menyambungkan antara domain dan hosting, tetapi ada sedikit perbedaan. Domain yang pertama merupakan root atau nama utama dari hosting kita. Sedangkan yang akan kita sambungkan ini adalah domain tambahan yang nantinya bisa berfungsi seolah-olah seperti domain dan hosting yang berbeda.

Maksudnya bagaimana? Ilustrasinya begini. Saya punya sebuah hosting dan sebuah domain (bolehtanya.ga), kemudian saya ingin buat sebuah domain baru lagi dengan nama akademiqportal.tk dan disambungkan ke hosting yang sudah ada. Sehingga nanti ketika domain baru diakses orang lain akan menampilkan halaman yang berbeda dengan domain bolehtanya.ga.

Nah, yang akan kita bahas ini adalah bagaimana caranya agar domain baru dan hosting ini bisa berfungsi sehingga bisa diakses orang lain.

Add-on Domain

Untuk menambahkan domain baru kita gunakan menu Add-on Domain yang ada pada cPanel hosting. Silahkan login ke akun cPanel, kemudian cari bagian Domains, klik Add-on Domain atau Domain Add-on. Perhatikan gambar.

Menu Add-on Domain

Selanjutnya isi form yang disediakan, sebagai contoh saya masukkan domain baru akademiqportal.tk yang telah saya buat di Freenom [1]. Subdomain dan Document Root akan terisi otomatis. Beri centang pada akun FTP [2] jika ingin membuat akun FTP agar dapat mengupload dokumen ke folder Document Root. Beri nama user [3], formatnya akan menjadi seperti alamat email. Pada contoh saya adalah banghaji@akademiqportal.tk.

Setting password 2 kali [4] dan [5] sambil memperhatikan kekuatan password yang Anda buat. Jika lemah maka password tersebut tidak bisa digunakan. Disarankan menggunakan kombinasi huruf kapital, huruf kecil, angka dan simbol-simbol.

Jika sudah semua, klik Tambah Domain [6].

Tambah Add-on Domain

Selanjutnya →

Halaman : 1 2

Share

Muhammad Erfan

aslinya karyawan, suka belajar pemrograman, senang berbagi ilmu melalui tulisan, lagi usaha menghasilkan uang online :cool:

You may also like...

1 Response

  1. 27 Mei 2018

    […] Anda pernah membuat blog di wordpress.com atau blogspot.com? Setiap alamat blog akan selalu diikuti oleh nama domain utamanya yang tetap dan sama, misal, banghaji.wordpress.com atau banghaji.blogspot.com. Nah, nama yang bagian depan itu disebut dengan subdomain. Perlu diketahui bahwa subdomain ini berbeda dengan add-on domain seperti yang pernah kita bahas tentang menambahkan beberapa domain di hosting. […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *