Adminer (09): Menampilkan Data dengan Urutan Tertentu

Lanjut tentang Adminer, sekarang cara menampilkan data dengan uruan tertentu. Silakan login ke server database Anda, buka database inventaris ya. Jika belum punya bisa gunakan database lain. Aau ingin baca dulu referensi berikut, silakan.

Oke, sebelumnya Anda perlu baca tulisan saya sebelumnya tentang cara menampilkan data. Karena tulisan ini berkaitan dengan yang sebelumnya itu.

Lanjut. Kita buka atau tampilkan data dari tabel ruangan. Tampilannya seperti ini.

Select Ruangan

Perhatikan urutan dari daftar ruangan di atas. Ingat baik-baik ya. Selanjutnya klik opsi Sort. Anda akan diminta memilih nama field yang akan diurutkan. Kemudian bagian kanan ada opsi untuk urutannya berdasarkan apa. Secara default atau bawaan asal uruannya akan ASC (ascending) yaitu pengurutan menaik. Artinya jika tidak dicentang akan mengurut secara ASC. Beri tanda centang jika ingin pengurutannya DESC atau terbalik (menurun).

Anda boleh mengurutkan lebih dari 1 field bahkan dengan uruan yang berbeda. Misalnya field pertama ASC dan yang kedua DESC, boleh dan bisa.

Saya contohkan hanya 1 ya, seperti gambar ini.

Sort Option Adminer

Kalau sudah diatur opsi Sort ini, silakan klik tombol Select di bagian kanan (bagian Action). Hasilnya kira-kira seperti di bawah.

Sort Option Result Adminer

Berubah atau tidak urutannya? Gampang kan cara mengurutkan data di database? Nanti kita lanjutkan lagi. Sampai ketemu lagi ya 😎

Share

Muhammad Erfan

aslinya karyawan, suka belajar pemrograman, senang berbagi ilmu melalui tulisan, lagi usaha menghasilkan uang online :cool:

You may also like...

1 Response

  1. 26 Maret 2019

    […] Mengurutkan data […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *