Selasa, Maret 26, 2019

Menampilkan Nomor Baris pada Jendela Kode Android Studio

Android Android Studio Solusi Tutorial

Tutorial Android Studio yang terakhir kita bahas adalah tentang cara Memotong Baris Kode Android Studio. Kali ini masih tentang baris kode. Tentunya saat menyusun dan mengetik kode program akan banyak baris-baris yang kita buat. Kita juga pastinya perlu mengetahui berapa baris kode yang sudah kita buat, atau saat ini berada di baris berapa, dan seterusnya.

Pada Android Studio, entah versi berapa, pada jendela kode tidak ada nomor barisnya. Hal ini jadi menyulitkan saat membuat aplikasi. Nah, untuk menampilkan nomor barisnya tidak sulit. Silakan ikuti cara berikut ini saja.

Nomor baris kode bisa diaktifkan melalui jendela Settings. Anda tahu kan ya bagaimana cara menampilkan jendela Settings? Sudah beberapa kali kita bahas lho. Baca-baca lagi 2 cara menampilkan jendela Settings. Saya anggap jendelanya sudah terbuka, oke? Pokoknya oke 😎

Setelah jendela Settings terbuka, pada panel kiri klik Editor, kemudian buka lagi General dan terakhir pilih Appearance. Sudah? Lihat panel kanan, untuk menampilkan nomor baris kode, beri tanda centang pada Show line numbers. Perhatikan gambar.

Show Line Number Android Studio

Selanjutnya tinggal klik tombol Apply dan OK saja. Selesai. Demikian solusi untuk menampilkan nomor baris kode di Android Studio.

Lihat tulisan saya tentang Android Studio di Seri Belajar Android Studio.

Mari sebarkan manfaat kepada orang lain...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *