Senin, Desember 17, 2018

Android & Eclipse (05): Membuat Aplikasi Pertama

Android Eclipse Project Tutorial

Mohon maaf, tulisan tentang Eclipse tidak saya lanjutkan. Sebagai gantinya saya akan bahas tentang Android Studio.

Sebelum kita bahas tutorial bagaimana membuat aplikasi berbasis android, mungkin Anda perlu untuk membaca beberapa tulisan terkait dengan hal ini, jika memang Anda belum membaca atau menyiapkannya. Setidaknya perlu dilakukan hal-hal berikut ini sebelum membuat aplikasi android menggunakan Eclipse.

  1. Menginstal Java Development Kit (JDK) dan Java Runtime Environment (JRE), selanjutnya
  2. Memasang Android Developer Tools (ADT) Eclipse, dan
  3. Membuat Android Virtual Device (AVD)

Baiklah, kita lanjutkan. Seperti biasa ketika belajar pemrograman apapun, selalu (umumnya) yang akan dicoba adalah bagaimana menampilkan kalimat atau frasa “Hello World”.

Hello World

Langsung saja, mari kita membuat aplikasi pertama berbasis android.

Jalankan aplikasi Eclipse dan tunggu sampai loading aplikasi selesai, ada kemungkinan Anda akan diminta menentukan di mana lokasi project akan disimpan (disebut juga workspace), silahkan tentukan.

Setelah terbuka aplikasi Eclipse, untuk membuat project baru, silahkan klik menu File – New – Android Application Project.

Eclipse, Membuat Project Baru

Selanjutnya, Anda akan ditampilkan jendela untuk membuat aplikasi android baru. Silahkan isi Application Name dengan nama aplikasi, Project Name akan otomatis ikut sesuai nama aplikasi. Sedangkan Package Name silahkan diisi manual saja, isinya bebas, tetapi disarankan mengikuti format seperti di gambar [1]. Perlu diketahui, jika aplikasi ini nantinya akan dipublikasikan di Google Play, maka Package Name ini harus dan wajib bersifat unik. Package Name ini harus berbeda untuk semua aplikasi yang ada di Play Store, mirip seperti alamat email yang tidak boleh sama di seluruh dunia.

Berikutnya adalah pengaturan  SDK [2]. Untuk contoh kita pada aplikasi pertama ini dan seterusnya nanti saya akan gunakan pengaturan SDK sama dengan gambar. Oke saya jelaskan dulu secara umum dan ringkas isian SDK ini. Minimum Required SDK adalah untuk batas versi android yang didukung oleh aplikasi, jika aplikasi diinstal pada versi android di bawah minimum maka aplikasi tidak akan berjalan dengan normal karena memang tidak didukung. Target SDK ini anggap saja sebagai batas maksimum versi android yang bisa didukung 😀 .

Lanjut lagi, Compile With adalah versi SDK yang digunakan untuk membuat aplikasi kita. Dalam praktek ini dan paket yang saya sediakan untuk di download adalah SDK dengan API 17. Adapun Theme hanya untuk tema dari aplikasi saja, silahkan pilih sendiri.

Jika pengaturan sudah selesai, silahkan klik Next [3].

Eclipse, Mengatur Paket SDK

Selanjutnya →

Halaman : 1 2

Mari sebarkan manfaat kepada orang lain...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *