WPS Office Gratis Alternatif Pengganti MS Office Berbayar

Assalaamu’alaikum wrwb… Alhamdulillah saya dapat kembali menulis. Menindaklanjuti tulisan-tulisan saya sebelumnya yang saling berkaitan, kita akan membahas salah satu aplikasi yang bersifat gratis (SKB) untuk menggantikan MS Office yang sudah diketahui bersama merupakan aplikasi berbayar.

Sebelum dilanjutkan, ada baiknya Anda baca dulu beberapa tulisan berikut agar tidak terjadi salah paham 😉

Logo WPS OfficeBaiklah, aplikasi yang ingin saya perkenalkan, walapun sepertinya Anda semua sudah kenal dengan aplikasi ini, adalah WPS Office. WPS Office adalah paket office yang dapat membuka hampir semua jenis file yang kompatibel sepenuhnya dengan MS Office dan menyimpan dokumen Anda sebagai PDF. WPS Office ini mencakup tiga program perkantoran mutakhir yaitu pengolah teks kata, pembuat presentasi dan program spreadsheet untuk pengolahan data dan analisis data. Ketiganya ini langsung menjadi satu dan ditambah dengan sebuah aplikasi yang menurut saya sangat mantap yaitu PDF.

Mengapa alternatif?

Karena kita sudah maklum dan mengetahui bahwa MS Office sebagai aplikasi perkantoran yang paling terkenal itu adalah aplikasi berbayar. Sedangkan harga lisensinya cukup mahal. MS Office sebagai aplikasi yang termasuk proprietary software dilindungi oleh undang-undang dalam izin penggunaannya. Jika menggunakan versi full tetapi tanpa lisensi maka berarti telah melakukan tindakan pembajakan yang melanggar peraturan. sangat disayangkan jika kita menggunakan aplikasi bajakan sementara ada banyak sekali pilihan-pilihan lain untuk aplikasi perkantoran ini yang murah bahkan gratis.

Salah satu aplikasi perkantoran gratis yang cukup powerful dan mirip dengan MS Office adalah WPS Office. Ukuran insallernya juga cukup kecil, hanya sekitar 150an MB saja. Sudah mencakup 4 aplikasi sekaligus dalam sekali install. Master file installernya bisa di download langsung melalui website resminya WPS Office

Fitur WPS Office

Berikut beberapa fitur utama dari WPS Office secara umum:

  • All in One Mode, di mana dapat mengolah dokumen teks, membuat presentasi, mengolah data, mengolah file PDF dan dapat berfungsi menjadi browser.
  • Cloud, yaitu layanan penyimpanan data online sehingga bisa bekerja kapanpun dan di manapun.
  • Pengolah PDF, bisa menambah komentar, konversi, kompress, menghapus dan menyisipkan halaman, mengunci atau membatasi file PDF.
  • Skin Center, bisa mengganti skin aplikasi sesuka hati.
  • Sepenuhnya kompatibel dengan Mcft PowerPoint, Word dan Excel.
  • Mendukung DOC, XLS, PPT, TXT, dan lainnya.
  • Beralih dengan mudah di antara dokumen yang terbuka menggunakan fitur Tab Prioritas, screeshot WPS Office.
  • Bagikan dokumen dengan cepat dengan fungsi email bawaan.
  • Amankan pekerjaan dengan simpan otomatis.
  • Lindungi pekerjaan dengan enkripsi dokumen.
  • Tersedia paket bahasa periksa ejaan opsional

Seperti apa tampilannya, perhatikan gambar berikut.

Tampilan WPS Office

Fitur Aplikasi

Bagaimana dengan fitur aplikasi sendiri? Ini dia.

WRITER:

Sepenuhnya kompatibel dengan MS Word. Teks kaya, paragraf dan fitur pemformatan bentuk. Lakukan perubahan cepat pada margin dan spasi menggunakan alat paragraf. Fitur kolaborasi lanjutan termasuk perubahan trek, pemeriksaan ejaan dan komentar. Banyak alat tata letak halaman, dll.

PRESENTATION:

Sepenuhnya kompatibel dengan MS PowerPoint. Antarmuka pengguna yang dirancang dengan indah. Fitur pemformatan teks, paragraf, dan bentuk tingkat lanjut. Tambahkan foto, video, suara, dan lainnya ke presentasi. Sisipkan dan edit grafik, bagan, dan tabel. Termasuk lusinan template. Lihat catatan dalam mode presenter, dll.

SPREADSHEET:

Sepenuhnya kompatibel dengan MS Excel. Lebih dari 160 rumus dan pintasan fungsi. Mendukung tabel pivot, bingkai beku, pengurutan, gaya tabel, dan lainnya. Buat beberapa lembar kerja. Sisipkan bagan termasuk batang, pai, garis dan kolom. Edit kategori sel (angka, teks, persentase, dll). Mendukung lebih dari 1 juta baris dan 10 ribu kolom. Fitur pemformatan teks dan tabel tingkat lanjut. Dukungan opsional untuk Makro VBA, dll.

Download

Aplikasi WPS Office ini bersifat gratis (dengan batasan tertentu) dan menurut saya sudah cukup memenuhi kebutuhan saya dalam pengolahan teks, pengolahan data, pembuatan presentasi maupun pengolahan PDF. Lebih baik menggunakan aplikasi gratis daripada bajakan.

WPS Office tersedia untuk beragam platform seperti untuk Windows, Linux, Mac dan Android. Silakan download melalui link berikut.

Download WPS Office

Pada tulisan-tulisan berikutnya in-syaa Allah saya bahas tentang bagaimana cara praktis dan mudah menggunakan WPS Office, dalam bentuk video tentunya 😎

Sampai jumpa pada tulisan lainnya, salaam…

Sumber gambar:

  • Logo: https://developer.team/software/25606-wps-office-2019-11208321-multilingual.html
  • Tampilan aplikasi: https://www.wps.com/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *