Raspbian OS Berbasis Debian Linux

Raspberry LogoKita berjumpa lagi dalam bahasan tentang Linux. Kali ini saya mau bahas tentang salah satu distro Linux yang bernama Raspbian. Nama ini adalah singkatan dari Raspberry + Debian. Lucu ya ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜† ๐Ÿ˜† Iya, karena dibuat dengan basis distro Debian.

Sebenarnya ini berkaitan dengan tulisan saya sebelumnya tentang review sebuah perangkat komputer kecil. Silakan baca-baca lagi tentang Mini Computer, Raspberry Pi 3 B+, sebagai pengantarnya.

Pada tulisan ini saya akan bahas cara instalasi Raspbian OS pada mesin virtual menggunakan VirtualBox. Sebelumnya, harus kita siapkan dulu master installer Raspbian OS-nya ya. Silakan download dulu file dengan ekstensi .iso melalui halaman Download Links atau langsung ke filenya melalui link di bawah ini.

Download Raspbian OS

Oh iya, saya tidak bahas bagaimana cara instal VirtualBox dan pengaturannya ya bro, saya akan langsung bahas cara instal Raspbian saja. Jadi pastikan dulu VirtualBox Anda sudah siap atau jika ingin langsung diinstal ke harddisk juga bisa, asal sudah siap…

Oke kita mulai.

Tampilan pertama saat dilakukan booting melalui installernya adalah seperti ini.

Instal Raspbian 01

Silakan pilih Graphical install saja ya, biar tampilannya pakai GUI (graphical User Interface).

Lanjut dengan memilih jenis keyboard, pilih yang default saja.

Instal Raspbian 02

Tunggu sebentar, installer sedang melakukan loading file-file yang diperlukan untuk proses instalasi.

Berikutnya ditampilkan pengaturan untuk partisi harddisk. Ada 4 pilihan yang disediakan karena saya menggunakan VirtualBox dengan asumsi harddisknya benar-benar kosong. Jika Anda ingin menginstal di harddisk yang sudah ada sistem operasi yang lain, tampilannya akan berbeda sedikit.

Lanjut di halaman sebelah ya…

Gambar logo: https://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/c/cb/Raspberry_Pi_Logo.svg/474px-Raspberry_Pi_Logo.svg.png

jika tulisan ini bermanfaat, mari sebar dan bagikan

Selanjutnya →

Halaman : 1 2 3 4

Muhammad Erfan

aslinya karyawan, suka belajar pemrograman, senang berbagi ilmu melalui tulisan, lagi usaha menghasilkan uang online :cool:

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *