Jaringan Komputer Berdasarkan Area

Setelah sebelumnya kita mengetahui gambaran tentang apa itu jaringan komputer, dan juga beberapa manfaat serta kerugiannya (kalaupun itu dianggap sebagai kerugian), sekarang kita coba lihat pembagian jaringan komputer berdasarkan luas area cakupannya.

Oh iya, saya ingatkan kembali bahwa pada posting yang lalu saya katakan ada 2 jenis fisik jaringan komputer, yaitu yang menggunakan kabel dan yang tidak menggunakan kabel (nirkabel). Pada pembagian jaringan di sini, tidak memandang apakah jaringan yang digunakan itu kabel ataupun tidak, karena pada prinsipnya kedua jenis jaringan ini dapat diterapkan dan digunakan pada jaringan komputer yang akan kita bahas. Meskipun begitu tetap ada perbedaan dalam penggunaan keuda jenis jaringan tersebut.

Tergantung luas area jaringan

Jaringan komputer berdasarkan luas area cakupannya dibedakan dalam 3 jenis yaitu :

Local Area Network (LAN)

Jaringan ini biasanya melingkupi area lokal saja, seperti sebuah ruangan, rumah, kantor atau bahkan gedung. Cakupan LAN ini terbatas atau sengaja dibatasi. Yang umum dan terbanyak menggunakan seperti yang kita tahu dan lihat adalah warnet-warnet, sekolah-sekolah dan perusahaan-perusahaan kecil. Kita juga bisa menggunakan jaringan ini untuk menghubungkan beberapa komputer yang ada di rumah (tentunya dengan beberapa komponen jaringan komputer).

Utamanya, LAN digunakan untuk membagi sumber daya (resources) yang ada pada area lokal itu. Anda masih ingat kan tentang sharing data dan peralatan pada posting yang lalu? Selain itu LAN juga dipakai untuk sarana komunikasi dan bertukar informasi antarkomputer.

Metropolitan Area Network (MAN)

Ini merupakan jaringan yang lebih besar dibanding LAN, atau sebut saja MAN adalah gabungan dari beberapa LAN. Kalau LAN menghubungkan beberapa komputer dalam area lokal tertentu seperti ruangan atau kantor dan sebagainya, maka MAN adalah jaringan yang menghubungkan jaringan LAN yang satu dengan LAN yang lain. Misalnya LAN pada suatu kantor atau gedung dengan LAN kantor/gedung yang berdekatan (dan biasanya kantor ini saling terkait).

Lanjut di sebelah ya…

Selanjutnya →

Halaman : 1 2

_Related Posts & Ads_

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *