Cara Membuat Database MySQL di cPanel

Sebelum-sebelumnya kita sudah pernah bahas tentang Domain & Hosting ya. Selanjutnya kita bahas bagaimana cara membuat database MySQL melalui akun cPanel. Karenanya harus dipastikan bahwa Anda memiliki akun cPanel.

Oke, kita mulai. silahkan login dulu ke akun cPanel Anda. Biasanya dengan tampilan seperti ini.

Membuat Database cPanel - Login cPanel

Selanjutnya pilih menu Database MySQL.

Membuat Database cPanel - Pilih Database MySQL

Anda harus mengisikan nama database sesuai keinginan Anda. Tetapi perlu diingat bahwa nama database ini sudah mempunyai prefix 8 karakter awal nama domain ditambah tanda underscore (_).  Misal nama domain Anda adalah domainsaya.com, maka prefixnya adalah domainsa_. Silahkan ini nama databasenya dan klik tombol Buat Database. Jika sudah berhasil dibuat, klik tombol kembali.

Membuat Database cPanel - Nama Database

Di halaman yang sama, setelah membuat database, Anda harus membuat akun pengguna baru untuk database tadi. Bisa juga Anda gunakan akun pengguna yang sudah ada. Dalam tutorial ini kita buat akun pengguna baru. Untuk username sudah ada prefix sama dengan nama database, tinggal tambahkan nama penggunanya saja.

Isikan juga sandi untuk pengguna tersebut, perhatikan syaratnya seperti di gambar bawah. Sandi minimal 5 karakter, kombinasikan antara huruf besar dan kecil, angka, tambahkan juga karakter khusus seperti !@#$%^&*() sampai indikator kekuatan sandinya mencapai 80 atau lebih.

Kalau sudah, klik tombol Buat Pengguna. Jika berhasil klik tombol kembali.

Membuat Database cPanel - Akun Pengguna

Selanjutnya adalah menghubungkan antara database dan pengguna. Di halaman yang sama silahkan gulung layar ke bagian tengah agak bawah. Anda tinggal memilih penggunanya dan nama databasenya saja, setelah itu klik tombol Tambah.

Selanjutnya →

Halaman : 1 2

Share

Muhammad Erfan

aslinya karyawan, suka belajar pemrograman, senang berbagi ilmu melalui tulisan, lagi usaha menghasilkan uang online :cool:

You may also like...

1 Response

  1. kelebihan akun hosted dan non hosted berkata:

    Superb blog! Do you have any recommendations for
    aspiring writers? I’m hoping to start my own website soon but I’m a little lost on everything.
    Would you suggest starting with a free platform like WordPress or go for a paid option? There are so many options out there that I’m
    totally overwhelmed .. Any suggestions? Many thanks!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *