Belajar HTML (04): Memformat Teks pada Halaman Web

Ditulis oleh Muhammad Erfan, dipublikasi sejak 17 Oktober 2016 pukul 13:23, disimpan dalam kategori HTML, Tutorial, Web. Ingin mengomentari tulisan ini? Ada 12 komentar.

Kita lanjutkan belajar HTMLnya, jika sebelumnya kita telah memelajari tentang atribut, sekarang kita bahas tentang bagaimana memformat teks pada halaman web. Format yang dimaksudkan di sini adalah bagaimana membentuk teks sesuai keinginan dan fungsinya, contohnya, membuat teks menjadi tebal, miring, dan sebagainya.

Tag tersendiri

Ada banyak tag khusus untuk format teks ini. Kita akan bahas dan contohkan hanya beberapa. Ada yang digunakan untuk kata atau kalimat tertentu, ada juga yang untuk misalnya 1 paragraf sekaligus, tergantung keinginan.

Beberapa tag format yang akan kita coba antara lain adalah: bold, italic, underline, smallemphasis, strong, delete, strike, subscript, superscript, marking. Contoh kodenya akan kita jadikan 1 dokumen untuk semua bahasan ini di bagian akhir.

#1 ~ Bold dan Strong

Bold dan strong ditandai dengan tag <b> dan <strong> .Kedua tag ini menghasilkan tampilan yang sama yaitu format tebal. Cara penggunaanya mudah, yaitu dengan meletakkan tag ini pada bagian depan dan belakang dari teks yang akan diformat, tentunya dengan tag pembuka dan penutup.

Contohnya begini: <b>Teks ini akan dicetak tebal</b>  atau bisa juga begini: <strong>Teks ini menggunakan tag strong</strong> .

#2 ~ Italic dan Emphasis

Italic dan emphasis menghasilkan tampilan yang sama juga yaitu format miring. Tag yang digunakan adalah <i> dan <em>. Langsung saja contohnya: <i>Yang ini dicetak miring</i> dan ini juga sama <em>Cetak miring menggunakan tag em</em>.

#3 ~ Underline

Seperti namanya, digunakan untuk membuat garis bawah pada teks. Tag yang digunakan adalah <u>. Cukup meletakkan tag pembuka dan penutupnya pada bagian depan dan belakang teks yang akan diformat garis bawah, sama seperti cara penulisan tag-tag sebelumnya. Misalnya begini: <u>Yang ini pakai garis bawah</u>.

#4 ~ Small

Tag <small> digunakan untuk memformat teks menjadi lebih kecil ukurannya dibanding ukuran standar yang ada di halaman web tersebut. Biasanya dipakai saat ingin membedakan atau memberikan penegasan pada suatu kata dalam sebuah kalimat. Contohnya seperti ini: <h1>Ini adalah bagian <small>judul</small> dari sebuah tulisan</h1>.

#5 ~ Mark

Marking atau semacam highlight begitulah kira-kira, menggunakan tag <mark>. Kira-kira begini: <h1>Judul ini berisi <mark>tanda mark</mark> di dalamnya</h1>.

#6 ~ Delete dan Strike

Untuk mencoret teks, bisa menggunakan tag <strike> atau <del>. Hasilnya sama saja, contohnya: <strike>Coret</strike> yang tidak perlu,, atau Kalimat <del>yang dicoret</del> ini berisi tag del.

Tinggalkan Balasan 12

Your email address will not be published. Required fields are marked *


MEIREZA SITI ASSYIFA

MEIREZA SITI ASSYIFA

terimakasih atas infonya…. karena ini saya dapat mengetahui cara memformat teks di halaman web. dan juga sangat berguna bagi saya yang sedang belajar tentang hal yang seperti ini apalagi saya berkuliah dibagian komputer. semoga saja dapat menulis artikel yang lainnya dan pastinya sangat bermanfaat bagi orang banyak.. kenalkan nama saya MEIREZA SITI ASSYIFA.

Abdul Rahim

Abdul Rahim

terimakasih ya bang…artikelnya sangat bermanfaat bagi saya yang masih nob di dunia pemrograman web khususnya format teks utk HTML, terus berkarya ya..kami akan merasa sangat terbantu dengan membaca artikel abang…makasih banget bang..
o iya kenalkan nama saya Abdul Rahim dari kampus atma luhur

Meilita sari

Meilita sari

Alhamdulillah trimakasih kak artikelnya sangat membantu saya . Oh ya kak smngat dan terus berkarya ya salam kenal saya Meilita Sari

Muhammad amir

Muhammad amir

Terima kasih ya! Telah membuat blog yg bermaanfaat bagi saya yg pemula untuk mepljari tentang html.
Perkenalkan nama sya muhammad amir

Ricki Tri Putra

Ricki Tri Putra

Wahhh… terima kasih gan atas ilmunya. saya bertambah ilmunya saat membaca artikel ini tentang Pemrograman Web dan juga artikel ini merangkum materi dengan sedarhana sehingga saya pun sebagai pemula cepat mengerti. ditunggu artikel barunya gan tentang pemogragraman webnya. Update terusssss~

Oh ya, Perkenalkan juga. nama saya Ricki Tri Putra, saya seorang mahasiswa dari STMIK Atma Luhur Pangkalpinang. Fakultas Sistem Informasi.
Makasih! Salam Sejahtera bagi kita semua.

Nia zulianti

Nia zulianti

Alhamdulillah terimakasih min ,artikel tentang format teks HTML ini sangat membantu saya dalam mempelajari apa itu bold,underlin,italic,strong. Artikel ini sangat membantu saya sekali yang sedang dalam proses belajar desain pemrograman web.
Perkenalkan nama saya Nia zulianti

Nabil Rizky Hibatullah

Nabil Rizky Hibatullah

Terima kasih atas artikel nya bang , sangat bagus untuk dipelajari , perkenalkan saya Nabil Rizky Hibatullah

Risa Aprilia

Risa Aprilia

Wahhh Terimakasih banyakk,artikelnya sangat bermanfaat dan sangat membantu saya,berkat artikelnya saya lebih mudah mempelajari format text di html,semoga kedepannya dapat membuat artikel lain yg bermanfaat lagi,perkenalkan nama saya Risa Aprilia

Tamara oktavia

Tamara oktavia

Halo kak, terima kasih sudah membuat artikel ini, ini sangat membantu saya yang masih belajar, semangat berkarya kak.
Perkenalkan nama saya Tamara oktavia