Lafzi, Aplikasi Pencari Lafal Ayat al-Qur’an dengan Kata Kunci Latin

Logo lafziAssalaamu’alaikum Wrwb.. Kita ketemu lagi saudara-saudara πŸ˜€ Oke, ke pokok masalah yang mau dibahas aja ya… Sebagai muslim pasti kita hafal setidaknya beberapa ayat atau surah dalam alquran. Pernah ga? πŸ˜‰ Apanya? 😎 Kita hafal bacaannya tapi kita lupa bagaimana tulisannya atau surah apa dan ayat berapa. Nah, bagaimana cara kita mengetahui surah dan ayatnya dengan bantuan lafal ayatnya, ini yang kita mau review, oke?

Ada sebuah aplikasi buatan anak negeri yang diberi nama Lafzi. Menurut keterangan dari halaman resminya disebutkan, Lafzi adalah aplikasi pencari lafaz pada alquran. Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan pencarian ayat dengan lafaz tertentu pada alquran hanya dengan aksara latin biasa berdasarkan pelafalan pembicara bahasa Indonesia, tanpa perlu mengetikkannya dalam aksara Arab. Aplikasi ini adalah hasil dari penelitian skripsi Departemen Ilmu Komputer, Institut Pertanian Bogor oleh Muhammad Abrar Istiadi, S.Kom dengan pembimbing Ahmad Ridha, S.Kom MS.

Wuih, keren ya, skripsinya bisa memdunia dan memberikan manfaat yang luas bagi umat Islam. Aplikasi ini dibuat untuk beberapa Sistem Operasi. Ada untuk Windows, Linux dan juga Android. Keren banget deh πŸ˜€ πŸ˜€ πŸ˜€

Saya mencoba instalasi aplikasi Lafzi berbasis Windows, dan setelah dijalankan pertama kali tampilannya seperti ini.

Lafzi Dekstop

Cara penggunaannya simpel sekali, hanya dengan mengetikkan lafal ayatnya dalam huruf latin saja. Misalnya ketika ingin mencari ayat berisi lafal “halalan toyyiban“, ketik saja di kolom pencarian dan tekan enter atau klik tombol cari. Hasilnya setelah saya lakukan pencarian adalah seperti ini.

Hasil pencarian lafzi

Pada aplikasi berbasis androidnya, bahkan bisa juga melakukan pencarian melalui suara. wuih… 😎

Lanjut ya… Pada setiap hasil pencarian, jika kita sorot salah satu hasil pencarian akan muncul 2 buah tombol di bagian kanan atas yaitu tombol Salin Teks dan Buka di Alquran. Jika kita ingin mengambil teksnya, silakan klik tombol Salin Teks dan lakukan paste misalnya di text editor atau aplikasi pengolah kata seperti WPS Writer, LibreOffice, OpenOffice atau yang lainnya. Bagusnya aplikasi ini hasil salinannya lengkap mulai dari nama surah dan nomor ayatnya, teks arab dan terjemahannya. Asli keren bro!

Nah jika tombol Buka di Alquran yang diklik akan membuka halaman web berisi ayat tersebut. Di halaman web itu bisa dipilih ayat-ayat lain, bahkan bisa juga melihat tafsir ayatnya. Mau memutar suaranya? Bisa juga, tinggal pilih siapa qori yang dimau dan klik tombol play. Yup, mantap kali…

Pindah halaman dulu ya πŸ˜† 😎

jika tulisan ini bermanfaat, mari sebar dan bagikan

Selanjutnya →

Halaman : 1 2

Muhammad Erfan

aslinya karyawan, suka belajar pemrograman, senang berbagi ilmu melalui tulisan, lagi usaha menghasilkan uang online :cool:

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *