Aplikasi Belajar Bahasa Isyarat (SIBI) Berbasis Android

Subscribe channel BangHaji CotCom

Kali ini saya kembali melakukan review singkat terhadap sebuah aplikasi berbasis Android buatan mahasiswa saya, Abdur Rasyid. Aplikasi ini digunakan untuk bahan Belajar Bahasa Isyarat (SIBI). Aplikasi ini sudah saya bantu untuk publikasinya di Google Play, bisa di download melalui link di bagian bawah. Sebelumnya saya juga telah mereview beberapa aplikasi dan game berbasis Android.

Di antara aplikasi dan game yang sudah saya review adalah:

Ikon SIBIOke, kembali ke aplikasi SIBI buatan Abdur Rasyid. Pengantarnya sederhana, aplikasi ini dapat dijadikan media pembelajaran alternatif dalam mempelajari bahasa isyarat, memadukan pengembangan multimedia sehingga lebih menarik dan interaktif tanpa menghilangkan nilai-nilai edukasi.

Aplikasi ini terdiri dari beberapa sub pelajaran yaitu tentang Abjad, Angka, Kata Sapaan, Kata Kerja, Kata Sifat dan Imbuhan. Untuk pelajaran tentang abjad dan angka ditampilkan kode-kode bahasa isyarat tangan berupa gambar yang mudah ditiru bentuknya.

Sedangkan pelajaran lainnya masih terbagi lagi menjadi beberapa contoh. Semua contoh-contoh dari pelajaran ini disertai dengan video yang pastinya akan semakin memperjelas pelajaran. Lebih dari 15 video yang menggambarkan atau mempraktekkan bahasa isyarat ini.

Berikut adalah beberapa tampilan dari aplikasi ini:

SIBI Depan

SIBI Menu

SIBI Abjad

SIBI Kata Sapaan

Beberapa kekurangan dari aplikasi adalah:

  • Navigasi untuk materi pelajaran Abjad dan Angka agak lambat karena menggunakan tombol naik dan turun, tidak menggunakan scroll.
  • Video agak lambat diloading karena disimpan dan diakses dari YouTube, tidak disertakan dalam paket instalasi, kemungkinan karena kualitasnya yang cukup tinggi dan tentu saja mungkin karena ukurannya yang cukup besar.

By the way, terlepas dari kekurangan yang saya sebutkan di atas, aplikasi ini sangat bagus digunakan sebagai materi pelengkap pelajaran tentang bahasa isyarat.

Demikian review singkat dari saya. Silakan coba aplikasi ini, semoga bermanfaat, download melalui tombol di bawah ini.

Download Aplikasi Belajar Bahasa Isyarat (SIBI)

Related Posts