Zoom Cloud Meeting 5.0 Mengaktifkan GCM Encryption untuk Keamanan Video Conference

Setelah menjadi perhatian dan cenderung ditinggalkan banyak penggunanya karena isu pencurian data pengguna oleh pihak tertentu menggunakan fasilitas Zoom Cloud Meeting, akhirnya dikeluarkan informasi resmi. Informasi resmi ini dikirimkan kepada pengguna terutama bagi yang sudah terdaftar sebagai member baik berbayar maupun gratis. Saya sendiri mendapatkan informasi ini melalu email karena terdaftar sebagai pengguna gratis.

Logo ZoomAda 2 buah email pemberitahuan  yang dikirimkan oleh Zoom. Email pertama menyampaikan bahwa semua meeting untuk akun Gratis atau Basic, termasuk meeting yang sebelumnya sudah dijadwalkan, pertemuan baru, dan pertemuan yang dimulai atau dijadwalkan menggunakan Personal Meeting ID akan memerlukan kata sandi.

Ditegaskan mereka bahwa jika peserta bergabung dengan mengklik tautan meeting dengan kata sandi yang disematkan, tidak akan ada perubahan dalam prosesnya, artinya akan aman dan berlaku seperti biasa. Tapi untuk peserta yang bergabung dalam video conference secara manual dengan menginputkan Meeting ID, mereka harus memasukkan kata sandi untuk mengakses pertemuan, termasuk peserta yang bergabung melalui telepon.

Untuk rapat yang telah dijadwalkan sebelumnya, pengguna bisa menemukan kata sandi rapat. Caranya dengan masuk ke akun Zoom, lalu buka tab Meeting, pilih pertemuan mendatang berdasarkan nama, dan salin undangan rapat baru untuk dibagikan dengan peserta lain. Sedangkan untuk rapat instan atau dadakan, kata sandi akan ditampilkan di klien Zoom dan kata sandi juga disematkan di URL gabung rapat secara default.

Timeline Zoom Update

Kabar berikutnya adalah bahwa mulai 30 Mei 2020, Zoom akan mengaktifkan enkripsi GCM di seluruh platform Zoom, memberikan peningkatan perlindungan untuk data rapat.

Solusi untuk keamanan ini, semua pengguna disarankan bahkan disuruh 😎 mulai mengupdate aplikasi ke Zoom versi 5.0 secepatnya. Karena setelah 30 Mei 2020, semua aplikasi Zoom versi lama akan dipaksa melakukan update saat mencoba bergabung dengan meeting karena Enkripsi GCM akan sepenuhnya diaktifkan di seluruh platform Zoom. Nah, daripada dipaksa update lebih baik mulai sekarang saja di-update duluan 😆

Oh iya kabar lainnya adalah ruang tunggu akan diaktifkan secara otomatis dan untuk berbagi layar atau Share Screen sepenuhnya kan dikendalikan oleh Host saja.

Nah, tunggu apalagi, segera update aplikasi Zoom ke versi 5.0 daripada dipaksa update 😉 Berikut saya berikan link download untuk Zoom Cloud Meeting versi terbaru untuk Windows…

Zoom Cloud Meeting Terbaru for Windows

Demikian kabar dari BangHaji DotCom, jika tidak mau pakai Zoom, ganti saja dengan Jitsi yang opensource untuk video conference Anda, sampai jumpa… 😎 :p 😉 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *