Quran Kemenag, Plugin Keren al-Qur’an 30 Juz Plus Tafsir

Salaam… Kita kembali akan melakukan review aplikasi. Anda pernah menggunakan plugin untuk mennampilkan ayat-ayat al-qur’an dalam aplikasi Ms. Word? Dulu plugin yang sering digunakan adalah QuranInWord, iya kan? 😎 Plugin tersebut dikembangkan oleh saudara muslim kita yaitu Muhammad Taufiq sejak tahun 2005. Teks ayat yang digunakan saat itu masih menggunakan data dari Mujamma’ Malik Fahd. Plugin ini banyak digunakan oleh kawan-kawan yang bergelut dengan penulisan-penulisan ilmiah seperti dosen dan mahasiswa.

Pada tahun 2019 ini, Kementerian Agama RI mengembangkan lebih lanjut plugin tersebut dengan izin dari pembuatnya. Plugin ini diberi nama QuranKemenagInMsWord. Di dalamnya sudah ditambahkan beberapa fitur yang telah disesuaikan dengan kultur masyarakat muslim di Indonesia. Penyesuaian itu antara lain sedikit perubahan pada bentuk huruf (khat), harakat (baris) dan paket terjemahan serta pencantuman tanda tashih dari Kemenag RI.

tanda tashih qurankemenag

Khat arab khas Indonesia menjadi ciri khusus plugin ini, di samping tambahan terjemahan versi Kemenag dan juga tafsir yang terdiri dari 2 macam yaitu tafsir tahlili dan tafsir singkat. Font arabnya sendiri ditulis oleh 30 orang dan di-tashih oleh Kemenag RI. Terjemahan bahasa Indonesia yang dimuat adalah versi tahun 2002.

Versi

QuranKemenagInMsWord ini dirilis dalam 2 versi yaitu 32 bit dan 64 bit. Plugin berjalan pada sistem operasi Windows dan menempel pada aplikasi Ms Word. Link download ada di akhir tulisan ini ya teman-teman… Atau bisa juga melalui halaman Download. Silakan download sesuai dengan versi Ms Word yang kalian punya. Mau download semuanya juga tak apa-apa πŸ˜† πŸ˜† πŸ˜†

Cara Instal

Ada perbedaan cara instal plugin ini berdasarkan versi dari Ms Word yang Anda miliki. Minimal di PC atau laptop Anda telah terinstal Ms Office Word (2010, 2013, 2016, 2019 atau 365) dan .Net Framework versi 4. Penting diketahui, terkadang saat menginstal plugin ini kia perlu terkoneksi dengan internet. Apalagi jika di PC atau laptop Anda belum terinstal .Net Framework, maka saat instalasi akan langsung mendownload otomatis. Jika tidak tersedia atau tidak didownload maka instalasi akan gagal tidak bisa dipasang.

Kita ke halaman sebelah ya…

Selanjutnya →

Halaman : 1 2 3 4

Share

Muhammad Erfan

aslinya karyawan, suka belajar pemrograman, senang berbagi ilmu melalui tulisan, lagi usaha menghasilkan uang online :cool:

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *