Senin, Desember 17, 2018

Memotong Baris Kode Android Studio

Android Studio Solusi Tutorial

Mengaktifkan fitur pemotong kode otomatis ini akan menampilkan tanda bahwa baris itu dipotong berupa tanda panah di ujung kanan kode atas dan ujung kiri kode bawahnya. Tanda ini disebut dengan indicator.

Jika Anda aktifkan pilihan yang pertama Use soft warps in editor [1] maka kode-kode yang melebihi lebar layar akan dipotong. Tetapi hasil potongannya atau baris berikutnya akan berada pada posisi paling kiri layar. Coba perhatikan tanda yang ada di gambar ini. Perhatikan juga tanda pemotong atau indicatornya.

Memotong Kode Android Studio Soft Wrap

Bagimana? Sudah melihat gambarnya kan ya? Kita lanjutkan dengan mengaktifkan pilihan kedua yaitu Use original line’s indent for wrapped parts [2]. Jika diaktifkan, maka hasil potongan kode akan berada tepat di posisi bawah dari kode awal baris tersebut, tidak seperti yang sebelumnya. Coba lihat tanda pada gambar di bawah ini ya. Perhatikan bedanya.

Memotong Kode Android Studio Original Line

Ada perbedaan kan? Oke kita lanjut pilihan ketiga yaitu Show soft wrap indicator for current line only [3]. Jika Anda mengaktifkan pilihan ini maka baris akan dipotong otomatis dan tanda pemotong atau indicator hanya akan tampil pada baris yang sedang aktif saja. Atau dengan kata lain, indicator hanya muncul pada baris yang mana kursornya ada di baris itu saja.

Perhatikan gambar berikut, panah merah menunjukkan posisi baris di aman kursor berada. Sedangkan yang dilingkari hijau ada pemotongan baris tetapi tidak ditampilkan indicatornya.

Memotong Kode Android Studio Current Line

Setelah menentukan pilihan, jangan lupa disimpan perubahannya. Klik Apply kemudian klik OK.

Happy coding ya, semoga proses codingnya jadi lebih menyenangkan 😀 . Sampai ketemu lagi di tulisan lainnya…

← Sebelumnya

Halaman : 1 2

Mari sebarkan manfaat kepada orang lain...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *