Cara Publikasi Google Sites Menggunakan Domain Name Sendiri

Ditulis oleh Muhammad Erfan, dipublikasi sejak 22 November 2019 pukul 09:58, disimpan dalam kategori Domain & Hosting, Tutorial, Web. Ingin mengomentari tulisan ini? Ada 2 komentar.

Assalaamu’alaikum wrwb… Ketemu lagi ya, hampir 1 bulan lagi nih setelah bulan kemaren jeda menulisnya cukup lama 🙁 . Baik, kali ini kita bahas tentang bagaimana caranya membuat agar website kita yang dibuat menggunakan Google Sites bisa diakses dengan nama domain atau sub domain milik kita sendiri. Ikuti penjelasan dan langkah-langkahnya ya…

Sebelumnya, Anda harus punya akun Google dulu dan membuat sebuah website di Google Sites. Kita tidak bicarakan cara membuatnya ya, karena fokusnya adalah ke cara bagaimana menyambungkan dan meng-online-kan dengan nama domain sendiri. Jelasnya begini: alamat situs yang disediakan oleh Google Sites itu biasanya adalah seperti ini: https://sites.google.com/view/banghajidotcom. Iya kan?

Nah kita (saya) maunya alamat itu diakses menggunakan alamat yang saya buat sendiri berupa sub domain dengan nama bhc.banghaji.com dari domain name saya www.banghaji.com. Untuk itu kita perlu login juga ke akun cPanel domain. Setelah itu masuk ke menu domain dan buka sub menu Zone Editor.

Oke, ikuti langkah-langkah berikut ini.

Pertama, pastikan sudah login ke Google Sites dan sudah membuat halaman web ya…

google sites banghaji dotcom

Selanjutnya kedua,  klik option menu (ikon tiga titik) kemudian pilih URL Kustom.

url kustom banghaji dotcom

Klik link pelajari selengkapnya. Anda akan dibawa ke petunjuk verifikasi domain dan petunjuk setting domainnya.

verifikasi domain banghaji dotcom

Lakukan verifikasi alamat domain dulu, klik link untuk membuka halaman verifikasi alamat domain. Pada halaman verifikasi, tambah properti baru dengan klik tombol Add a Property, isikan nama sub domainnya dan klik Continue.

add a property domain webmaster tool

Pilih tab Alternate methods, pilih lagi jenis verifikasinya yaitu Domain name provider. Dari sekian banyak pilihan provider, pilih Other karena akan diisi manual. Lihat dulu bagian bawah kotak abu-abu, klik link Add a CNAME record karena kita akan pakai CNAME dari Google. Perhatikan gambar berikut. Ada CNAME host dan CNAME target ya.

alternate methods untuk verifikasi domain banghaji dotcom

Lanjut di halaman sebelah ya…

Tinggalkan Balasan 2

Your email address will not be published. Required fields are marked *


Agus di Bandung

Agus di Bandung

Beli domainnya bukan di google ya?

Gimana kalo beli domainnya di google ya?

Kok situs/website belum bisa diakses ya?

Terima kasih atas balasannya.

Muhammad Erfan

Muhammad Erfan

Terima kasih atas kunjungannya..
Untuk contoh di dalam artikel memang bukan beli domain di google, jika ingin beli langsung dari google silakan browse ke google-nya ya..
Situs belum bisa diakses bisa jadi karena ada kesalahan dalam pengaturannya..