Cara Mengaktifkan Register Global di Hosting PHP

Assalaamu’alaikum Wrwb..

Kali ini masih membahas tentang domain dan hosting ya, yaitu tentang Register Global. Secara default, register_globals di hosting-hosting PHP di setting OFF. Untuk mengaktifkannya (ON) kita perlu membuat sebuah file yang di dalamnya berisi perintah untuk mengaktifkan fungsi register_globals. Fungsi ini biasanya digunakan untuk web yang menerapkan sistem login menggunakan session, meskipun tidak semua.

Logo PHPJika script PHP yang Anda buat dan gunakan memerlukan pengaktifan register_globals, maka Anda bisa menerapkan petunjuk ini.

Posting sebelumnya kita buat file robot.txt untuk memblokir indexing oleh mesin pencari di folder-folder tertentu yang tidak kita inginkan. Nah sekarang, file yang akan dibuat ini akan mengaktifkan register_globals pada tempat-tempat (folder) tertentu saja. Jadi untuk setiap folder yang memerlukan register_globals, kita buatkan 1 file.

Begini caranya ya 😎 :

  • Buat file bernama php.ini
  • Dalam file ini, ketik 1 baris perintah berikut:
    register_globals = On
  • Simpan file.
  • Copy dan letakkan file php.ini pada folder mana saja di web Anda yang memerlukan pengaktifan register_globals. Saat ini register_globals sudah aktif.

Untuk mengetahui apakah setting ini sudah aktif atau belum silakan buat sebuah file baru bernama info.php, kemudian ketik baris perintah berikut:

<?php phpinfo(); ?>

Simpan dan coba akses file info.php tersebut melalui browser Anda kemudian lihat keterangan register_globals apakah sudah On atau masih Off. Jika masih Off ada kemungkinan Anda salah mengetik perintah ataupada folder tempat file info.php tidak ada file php.ini.

Silakan dicoba, semoga berhasil…

Wassalaamu’alaikum Wrwb…

Catatan: Artikel ini sudah pernah saya tulis di blog saya yang lain.

Sumber gambar: php.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *