Cara Menambahkan Beberapa Domain Baru ke Dalam Sebuah Hosting

Jika tidak ada masalah, akan ditampilkan pesan bahwa domain baru beserta akun FTP telah berhasil dibuat. Anda juga ditawarkan untuk masuk ke File Manager.

Berhasil Tambah Add-on Domain

Silahkan upload file-file Anda ke folder yang disediakan berdasarkan akun FTP Anda tadi. Jika Anda ingin mengakses folder tersebut menggunakan aplikasi, silahkan gunakan aplikasi FTP Client seperti WinSCP, FileZilla, CoreFTP atau yang lainnya.

Pada contoh ini saya akan upload sebuah file HTML yang berisi ucapan selamat datang dengan nama file index.html. Silahkan masuk ke File Manager jika ingin mengupload, atau buat file baru dengan nama index.html kemudian isi file tersebut dengan kode berikut sebagai contoh:

<html>
<head>
   <title>Akademi-Q Portal</title>
</head>
<body>
   <p align="center">
      <h2>Selamat Datang di Akademi-Q Portal</h2>
   </p>
</body>
</html>

Jika sudah, kira-kira jadinya seperti ini di folder tersebut.

File Manager cPanel

Belum bisa diakses

Sampai pada tahap ini, domain baru tersebut belum bisa diakses karena belum disambungkan atau dikaitkan dengan hosting. Untuk itu silahkan baca cara mengaitkan nama domain dan hosting. Masukkan alamat Nameserver yang diberikan oleh penyedia hosting Anda ke dalam kolom Nameserver yang ada di akun domain Anda di Freenom. Biasanya adalah NS1 dan NS2. Contohnya:

Setting Nameserver

Jika sudah disambungkan, perlu beberapa jam agar domain baru ini bisa diakses secara normal dan menampilkan file index.html yang tadi dibuat. Setelah tersambung hasilnya bisa dilihat dengan mengakses alamat baru http://akademiqportal.tk seperti ini.

Akademi-Q Portal Online

Selamat, Anda sudah berhasil mempraktekkan Cara Menambahkan Beberapa Domain Baru ke Dalam Sebuah Hosting. Untuk menambahkan lagi domain baru caranya tetap sama. Silahkan ditambahkan sampai beberapa domain, tetapi perhatikan batas maksimal yang diberikan oleh penyedia hosting Anda 😀

Sampai jumpa pada tulisan lainnya…

← Sebelumnya

Halaman : 1 2

Share

Muhammad Erfan

aslinya karyawan, suka belajar pemrograman, senang berbagi ilmu melalui tulisan, lagi usaha menghasilkan uang online :cool:

You may also like...

1 Response

  1. 27 Mei 2018

    […] Anda pernah membuat blog di wordpress.com atau blogspot.com? Setiap alamat blog akan selalu diikuti oleh nama domain utamanya yang tetap dan sama, misal, banghaji.wordpress.com atau banghaji.blogspot.com. Nah, nama yang bagian depan itu disebut dengan subdomain. Perlu diketahui bahwa subdomain ini berbeda dengan add-on domain seperti yang pernah kita bahas tentang menambahkan beberapa domain di hosting. […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *