Android & Eclipse (03): Membuat Virtual Device untuk Testing Aplikasi Android

Jika sudah selesai membuat AVD, maka pada jendela akan ditampilkan daftar AVD yang baru dibuat tadi. Selajutnya, mari kita coba jalankan AVD tersebut. Caranya, pilih AVD yang akan dijalankan [1] kemudian klik tombol Start… di bagian sebelah kanan. Selanjutnya klik tombol Launch [2] untuk menjalankan AVD. Perhatikan gambar berikut.

Menjalankan AVD

Silahkan tunggu sebentar (mungkin juga lama, tergantung besarnya RAM komputer) akan ditampilkan sebuah jendela AVD yang berisi sistem operasi android. Penggunaannya hampir sama seperti perangkat android kita biasa. Pada AVD inilah nanti akan kita tes aplikasi yang akan kita buat.

Tampilan AVD

Gambar di atas adalah AVD yang sudah berjalan dan dapat digunakan sebagaimana mestinya 😀

Baiklah, pembuatan AVD untuk testing aplikasi android sudah selesai, kita akan lanjutkan pada tutorial berikutnya. Sampai jumpa.

← Sebelumnya

Halaman : 1 2

Share

Muhammad Erfan

aslinya karyawan, suka belajar pemrograman, senang berbagi ilmu melalui tulisan, lagi usaha menghasilkan uang online :cool:

You may also like...

2 Responses

  1. 23 Mei 2017

    […] cara mengaktifkan dan menonaktifkan keyboard internal AVD. Sebelumnya kita sudah bahas tentang cara membuat AVD. Tutorial ini masih berhubungan dengan bahasan kita […]

  2. 6 Agustus 2017

    […] Membuat Android Virtual Device (AVD) […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *