Adminer (06): Mengimpor Data ke Database MySQL

Adminer Import Link

Selanjutnya klik Browse untuk mencari file database berada, kemudian pilih. Selanjutnya klik tombol Execute.

Adminer Import, Browse and Execute

Adminer Browse SQL File

Jika tidak ada masalah dalam proses impor, maka akan ditampilkan pesan bahwa impor telah berhasil.

Adminer SQL Imported

Untuk membuktikan apakah sudah benar-benar berhasil, silahkan lihat pada panel kiri. Karena file yang di-import tadi berisi struktur tabel dan field beserta isi datanya, maka seharusnya semua juga ikut di-import. Klik select untuk melihat apakah datanya ada.

Adminer SQL Import Result

Oke, demikian cara pertama untuk mengimpor data. Mengenai bagaimana cara mengimpor data lengkap yang berisi database, tabel, field dan data, caranya sama. Bedanya adalah jika pada file tersebut sudah ada nama databasenya, maka Anda tidak perlu membuat database, tetapi langsung melakukan impor saja.

Hal yang berbeda jika file tersebut hanya berisi data saja, tanpa database dan tabel (database dan tabel sudah kita buat misalnya, tinggal memasukkan data saja). Jika kasusnya seperti ini, maka caranya adalah dengan cara yang kedua.

Import File .csv

File .csv ini mirip dengan file spreadsheet seperti Excel. Jika dibuka di Excel tampilannya akan mirip seperti menggunakan kolom-kolom atau cell. Tetapi sebenarnya ada pemisah (delimiter) antara data field yang satu dengan yang lain. Umumnya tanda pemisah antardata pada file .csv adalah tanda , (koma) atau tanda ; (semicolon). Dari mana kita bisa mengetahui apakah itu menggunakan koma atau semicolon? Caranya adalah dengan dicoba saja, jika gagal mengimpor data maka silahkan ganti delimiternya 😀

← Sebelumnya Selanjutnya →

Halaman : 1 2 3

Share

Muhammad Erfan

aslinya karyawan, suka belajar pemrograman, senang berbagi ilmu melalui tulisan, lagi usaha menghasilkan uang online :cool:

You may also like...

3 Responses

  1. Aditw santoso berkata:

    Keren cara pembahasannya ‘familiar’. ‘Easy’. ‘AWsome’
    Buat pemula gak perlu lagi beli kamus-bayi, yang konon bahasanya susah dimengerti cuma ‘nangis’ doank… Heehee.
    Good-lucky banghaji.com terus berkarya…

  1. 5 September 2017

    […] kita sudah bahas tentang bagaimana cara mengimpor data ke database MySQL. Umumnya jika ada impor maka tentu ada ekspor 😀 Ya, kali ini kita bahas tentang bagaimana cara […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *