16 Peserta Berhasil Menyelesaikan KeJar 20182 tentang Web Dinamis

Seperti dikabarkan sebelumnya -beberapa bulan lalu- bahwa BangHaji DotCom melaksanakan Kelompok Belajar (KeJar) untuk tahun akademik 20182. Seperti biasa, KeJar yang dilaksanakan berkaitan dengan keahlian saya di bidang web, yaitu tentang KeJar Web Dinamis Terbatas.

Sesuai dengan syarat dan ketentuan yang diterapkan untuk KeJar 20182, didapatkan cukup banyak peserta yang berminat mengikuti kegiatan ini. Sayangnya dari daftar hasil seleksi peserta yang dinyatakan lulus dan berhak mengikuti, 20 persennya batal ikut dan akhirnya digantikan oleh yang lain.

KeJar 20182 kali ini diikuti secara istiqomah oleh 16 orang peserta dan semuanya berhasil menyelesaikannya sampai tuntas. Peserta mengikuti kegiatan dengan antusias, dan tentunya, pastilah banyak menemukan banyak sekali ilmu melalui “error” saat praktek pembuatan aplikasi 😉

Materi yang dibahas antara lain (diringkas):

  1. Pengantar web, meliputi instalasi perangkat lunak pendukung, konsep web statis dan dasar-dasar HTML.
  2. Desain antarmuka, yaitu belajar tentang Inline CSS, internal CSS, external CSS dan Pengenalan Bootstrap CSS Framework.
  3. Web dinamis,  membahas konsep web dinamis, konsep reuse dan reinvent dalam pemrograman berbasis web.
  4. Pemrograman web dinamis, mempelajari dasar-dasar pemrograman, fungsi, implementasi web dinamis menggunakan PHP.
  5. Basis data, meliputi konsep basisdata, konsep relasi, membuat basisdata, membuat tabel dan mengolah data menggunakan MySQL.
  6. Latihan CRUD dan praktek langsung membuat proyek aplikasi Pencatatan Keuangan (Kas) Pribadi Mahasiswa dan Bootstrap templating.

Kegiatan selesai tepat waktu sesuai rencana yang berlangsung sejak 18 Maret – 10 Mei 2019. Pada akhir pertemuan dibagikan 3 buah buku yang saya tulis berjudul BHC Book Series: Pemrograman Web (PDO+MySQL) untuk 3 orang yang beruntung 😎 Kemudian untuk semua peserta yang istiqomah ini diberikan Sertifikat sebagai apresiasi dari penyelenggara, dalam hal ini adalah BangHaji DotCom dan STMIK Palangkaraya.

Berikut beberapa foto saat kegiatan.

KeJar 20182 - 01KeJar 20182 - 02KeJar 20182 - 03
KeJar 20182 - 04KeJar 20182 - 05KeJar 20182 - 06

Materi yang dibahas dalam KeJar Web Dinamis 20182 bisa di-download melalui tombol di bawah ini ya. Silakan dipelajari dan dikembangkan lagi.

Oke, sampai jumpa pada KeJar berikutnya. 🙂 🙂 🙂

Share

Muhammad Erfan

aslinya karyawan, suka belajar pemrograman, senang berbagi ilmu melalui tulisan, lagi usaha menghasilkan uang online :cool:

You may also like...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *